Coretan Saat Sakit

“ Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan menggugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang menggugurkan daun-daunnya”             (HR. Bukhari no. 5660 dan Muslim no 2571)

Semoga kita terhindar dari sifat hanya mengingat Allah di saat sakit, namun kadang melupakannya di saat sehat, saudaraku bisakah kita melihat indahnya dunia, pohon-pohon hijau yang mengagumkan, tingginya gunung menjulang, lautan biru yang cemerlang, mendengar merdunya kicauan burung, suara panorama air terjun, dan sebagainya, itulah indahnya karunia yang Allah berikan, andai kita di pinta menuliskan nikmat Allah, niscaya pena kita akan kering, lisan kita akan membisu, tubuh kita kan lunglai, dan kita tidak pernah akan mampu, menjabarkan setiap nikmat yang Allah berikan karena begitu Maha PengasihNya Dia.

Allah menganugerahkan kita mata, dengannya kita bisa melihat indahnya dunia, hijau dan suburnya pepohonan, dan sebagainya, Alangkah celakanya kita jikalau menggunakan anugerah mata yang Allah berikan dengan melihat hal-hal maksiat, alangkah jahatnya kita jikalau menggunakan telinga yang Allah berikan dengan mendengar hal tiada manfaat, alangkah curangnya kita jika menggunakan desahan nafas yang secara gratis diberikan Allah dengan berbuat maksiat.

Salah satu nikmat Allah terbesar adalah kesehatan, dengannya kita bisa beraktivitas normal seperti biasa, saat sakit, maka kita mendapatkan pelajaran betapa indahnya kesabaran, betapa merdunya rintihan zikir kita menyebut namaNya saat menahan rasa sakit, indahnya menjadi muslim adalah saat dia sehat, maka syukurnya akan selalu mengalir dalam setiap desahan nafasnya, syukur bukan hanya hiasan di lisan, namun suatu upaya dalam menambah ketaatan, dan saat sakit, dia akan bersabar, dimana lewat kesabaran maka dosanya akan berguguran.

Saudaraku, saat menulis coretan ini, saya sudah seminggu lebih terkurung di dalam kamar, karena tulang sendi bahu saya sedang bermasalah, saya benar-benar harus istirahat total, untuk mengusir kejenuhan biasanya saya lebih banyak membaca, dan menulis seperti yang saya lakukan saat ini, saya berusaha berbagi kepada saudaraku semuanya, waktu itu saya sedang membuat film “Cinta Dari Langit” Episode ke 4, namun saat proses pembuatan film, saya terjatuh, namun dalam sakit yang saya derita, sungguh sangat besar hikmah yang terkandung di dalamnya.

Insya Allah hikmah yang saya dapatkan adalah ini merupakan latihan kesabaran gratis dari Allah, barangkali saat sehat saya sering lupa denganNya, lupa bersyukur kepadaNya dalam menambah ketaatan, saya lebih mengerti bahwa tubuh kita yang bisa bergerak leluasa itu merupakan anugerah dari Allah, maka alangkah jahatnya jika kita membalas anugerahNya dengan berbuat dosa, dan mungkin lewat sakit ini, merupakan jalan bagi istri saya dalam menambah amal pahala, begitu besar kebaktiannya kepada saya, dari menyuapi saya makan, sampai memandikan saya, kemesraan kami semakin tercipta, kadang saya sedih saat tidak bisa menemaninya memeriksakan kandungan, melihatnya melalui terik mentari tanpa ada yang mengantarkannya di perjalanan, melihat semangatnya dalam menuntut ilmu tanpa bisa saya jemput seperti biasa, namun lewat kebaktiannya ini saya berbicara di hati, bahwa saat dia melahirkan anak pertama kami nanti, insya Allah saya akan membalas kebaktiannya dengan merawatnya.

Saudaraku, mohon doanya semoga Allah cepat menyembuhkan saya, agar saya dapat kembali beraktivitas seperti biasa, dan bagi orang-orang yang sakit dimana saja berada semoga Allah melimpahkan kesembuhan, sungguh Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Minggu, 18 desember 2011 pukul 11.50 wita

Saat menatap istri pamit untuk pergi menuntut ilmu

Irza Setiawan

Leave a Reply

