Sosiologi Bab 5

Lembaga Masyarakat

Lembaga masyarakat terdapat disetiap masyarakat karena setiap masyarakat mempunyai kebutuhan-kebutuhan pokok yang dikelompokkan menjadi lembaga kemasyarakatan

Lembaga masyarakat diartikan sebagai suatu jaringan proses-proses hubungan antar manusia dan antar kelompok manusia yang berfungsi untuk memelihara hubungan tersebut serta pola-polanya sesuai dengan kepentingan manusia dan kelompoknya.

Pada dasarnya lembaga masyarakat mempunyai beberapa fungsi diantaranya.

1. Memberikan pedoman pada anggota masyarakat, bagaimana mereka harus bertingkah laku atau bersikap di dalam menghadapi masalah-masalah dalam masyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan-kebutuhan.
2. Menjaga keutuhan masyarakat
3. Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial (social control). Artinya, sistem pengawasan masyarakat terhadap tingkah laku anggota-anggotanya.

Agar hubungan antara manusia di dalam suatu masyarakat terlaksana sebagaimana diharapkan, maka dirumuskan norma-norma masyarakat. Mula-mula norma tersebut terbentuk secara tidak sengaja, kemudian norma tersebut dibuat secara sadar.

Norma-norma yang ada di dalam masyarakat mempunyai kekuatan mengikat yang berbeda-beda, ada norma yang lemah, sedang, dan kuat daya ikatnya

Untuk dapat membedakan kekuatan mengikat norma tersebut, secara sosiologis dikenal empat pengertian yaitu :

A. Cara (usage)
B. Kebiasaan (folkways)
C. Tata Kelakuan (mores), dan
D. Adat istiadat (custom)

Cara (usage) lebih menonjol di dalam hubungan antar individu dalam masyarakat. Suatu penyimpangan terhadapnya tak akan mengakibatkan hukuman yang berat, tetapi hanya sekedar celaan dari individu yang dihubunginya.

Kebiasaan (folkways) mempunyai kekuatan mengikat yang lebih besar daripada cara. Kebiasaan diartikan sebagai perbuatan yang di ulang-ulang dalam bentuk yang sama. Menurut Mac Iver dan Page kebiasaan merupakan perilaku yang diakui dan diterima oleh masyarakat.

Tata kelakuan mencerminkan sifat-sifat yang hidup dari kelompok manusia yang dilaksanakan sebagai alat pengawas, secara sadar maupun tidak sadar, oleh masyarakat maupun anggota-anggotanya. Tata kelakuan penting karena

A. Memberikan batas-batas kepada individu, dalam hal ini setiap masyarakat mempunyai tata kelakuan masing-masing yang seringkali berbeda beda, karena tata kelakuan timbul dari pengalaman masyarakat yang bersangkutan.

B. Tata kelakuan mengidentifikasi individu dengan kelompoknya. Di satu pihak tata kelakuan memaksa orang agar menyesuaikan tindakan-tindakannya dengan tata kelakuan kemasyarakatan yang berlaku.

C. Tata kelakuan menjaga solidaritas antar anggota masyarakat, misal hubungan antara pria dengan wanita, anak-anak dengan orang tua, dan sebagainya

Tata kelakuan yang kekal serta kuat integrasinya dengan pola-pola perilaku masyarakat, dapat meningkat kekuatannya menjadi custom atau adat istiadat. Anggota masyarakat yang melanggar adat istiadat, akan menderita sanksi yang keras.

Sistem Pengendalian Sosial
Pengendalian sosial bertujuan untuk mencapai keserasian antara stabilitas dengan perubahan-perubahan dalam masyarakat. Atau suatu sistem pengendalian sosial bertujuan untuk mencapai keadaan damai melalui keserasian antara kepastian dengan keadilan/kesebandingan.

Pengendalian sosial dapat bersifat preventif atau represif, atau mungkin kedua-duanya Preventif merupakan suatu usaha pencegahan terhadap terjadinya gangguan-gangguan pada keserasian antara kepastian dan keadilan, usaha-usaha preventif misalnya dijalankan melalui proses sosialisasi, pendidikan formal dan informal.

Sedangkan usaha represif bertujuan untuk mengembalikan keserasian yang pernah mengalami gangguan, berwujud penjatuhan sanksi terhadap para warga masyarakat yang melanggar atau menyimpang dari kaidah yang berlaku

One Response

  1. Jzakallah bi khair ktsiran..

    (Semoga Allah membalas dgn kebaikan yg banyak )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: