Doa yang Dikabulkan

doa-2Doa yang Dikabulkan

S O A L :

Saya berdo’a kepada Allah minta dipanjangkan ‘umur atau minta ditambah rizki, adakah diqabulkan olehNya akan permintaan saya itu ?

J A W A B :

Do’a yang dimaksudkan di Agama, ialah meminta dengan hati yang ikhlas kepada Allah, dengan keyakinan, bahwa Allahlah bisa akan mengabulkan permintaannya itu. Meminta itu janganlah keluar daripada peraturan dan sebab-sebab yang telah diatur oleh Allah. Tuhan Allah telah menerangkan dalam Qur-an, bahwa Ia tidaklah akan mengubah aturan yang telah diperbuatNya : firman Allah :

Tidaklah engkau akan memperoleh perubahan pada peraturan Allah itu.

(Q. Al-Ahzab, 62).

Seorang yang meminta supaya bertambah rizki atau ilmu itu, mestilah lebih dahulu berusaha bekerja, untuk mencari rizki atau ilmu, karena Tuhan Allah tidaklah akan menurunkan hujan mas atau perak atau ilmu dari langit.

Orang yang bermaksud supaya bertambah hartanya atau ilmunya, tidaklah cukup dengan membaca do’a saja. Dengarlah kata ‘Umar :

Janganlah kamu tinggal diam daripada mencari rizki, dengan berkata : „Ya Allah ! berilah aku rizki”, karena kamu telah ketahui, bahwa langit itu tidaklah menurunkan hujan mas atau perak.

Dan sabda Nabi s.a.w. :

Kalau kumu bertawakkal kepada Allah dengan sebenar­benarnya tawakkal, rnaka Ia akan memberi rizki kepada kamu sebagaimana la beri rizki kepada burung, yang pagi-pagi berjalan dengan perut kosong, dan petang-petang kembali dengan perut yang penuh.

(H.R. Turmudzi dan Ibnu Majah).

Di Hadiets itu dinyatakan oleh Nabi s.a.w., bahwa burung itu diberi rizki, karena usahanya, yaitu ia meninggalkan tempatnya pergi berjalan kelain tempat buat berusaha mencari rizki, tetapi bukanlah ia tinggal diam ditempatnya saja. Dan firman Allah :

Allah yang menjadikan kamu dari bumi, dan la tuntut supaya kamu usahakan dia (makmurkan dia).

(Q. Hud, 61).

Dan firman Allah :

Kami telah jadikan siang hari itu buat tempat usaha.

(Q. An-Naba’, 11).

dan sabda Rasul :

Sebaik-baik usaha itu adalah usaha orang yang bekerja dengan jujur.

Dalam Qur-an dan Hadiets-hadiets Nabi banyaklah yang me­nyuruh kita berusaha dan bekerja. Kalau sekiranya rizki itu bisa didapati dengan semata-mata do’a saja, tentulah kita tidak disuruh oleh Allah berusaha itu, maksudnya ialah berdagang, bertani, bertukang, tetapi bukan meminta-minta, karena meminta-minta itu dilarang oleh Agama, kecuali bagi orang yang miskin.

Dengarlah sabda Nabi s.a.w. :

Siapa yang meminta-minta padahal ada padanya makanan yang cukup, maka berarti ia mengumpul-ngumpulkan bara jahannam. (Di waktu itu) berkata shahabat-shahabat (yang mendengar) : Ya Rasulullah ! Bagaimanakah orang mempunyai makanan yang cukup itu ? Jawab Rasulullah : „Yaitu, orang yang ada rnempunyai makanan cukup untuk pagi dan petangnya”.

(H.R. Ahmad dan Abu Dawud).

dan sabda Rasullullah :

Barang siapa meminta-minta akan harta manusia untuk dikurnpul, sesungguhnya berarti ia telah rneminta-minta akan bara api neraka. Oleh sebab itu bolehlah ia pilih, apakah ia mau sedikit dari bara itu atau ia mau banyak.

(H.S.R. Ahmad dan Muslim).

Adapun do’a itu memang perlu, karena Nabi namakan dia ‘ibadat dengan sabdanya :

Do’a itu ialah ‘ibadat, seraya Nabi membaca akan firman Allah : Berdo’alah kepadaKu, niscaya Aku akan terima permintaan kamu.

(H.R. Abu Dawud).

Do’a seseorang itu bisa dikabulkan oleh Allah, kalau ia berdo’a itu dengan sungguh-sungguh dan ikhlas sambil mengerjakan sebab-sebab yang bisa menyampaikan kepada maksud itu. umpama : bekerja, berdagang, bertani, atau sebagainya sambil berdo’a kepada Allah mudah-mudahan Ia hasilkan maksud itu.

Dan kalau seorang mau panjang umur, maka hendaklah ia jaga kesehatannya, dengan mengatur makan, minum, pekerjaan, tidur dan menjaga kebersihan di badan, pakaian, makan, minum dan sebagainya, sambil ia meminta, mudah-mudahan Allah panjangkan ‘umurnya.

2 Responses

  1. teima kasih atas infonya supa bermanfaat bagi semuanya Amien ya robbal aalamieenn ….

  2. alhamdulillah…………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: