Pemakaian Hadist Dlaif

S O A L :    

 

Pemakaian Hadist Dlaif

Betulkah boleh dipakai Hadiets dla’if untuk fadla- ilul-a’mal ? Apakah mentalqienkan orang yang sudah mati itu masuk di dalam golongan fadla-ilul-a’mal ? Bagaimana syarat memakai Hadiets itu ?

 

  Continue reading

Advertisements

Doa yang Dikabulkan

doa-2Doa yang Dikabulkan

S O A L :

Saya berdo’a kepada Allah minta dipanjangkan ‘umur atau minta ditambah rizki, adakah diqabulkan olehNya akan permintaan saya itu ?

J A W A B :

Do’a yang dimaksudkan di Agama, ialah meminta dengan hati yang ikhlas kepada Allah, dengan keyakinan, bahwa Allahlah bisa akan mengabulkan permintaannya itu. Meminta itu janganlah keluar daripada peraturan dan sebab-sebab yang telah diatur oleh Allah. Tuhan Allah telah menerangkan dalam Qur-an, bahwa Ia tidaklah akan mengubah aturan yang telah diperbuatNya : firman Allah :

Tidaklah engkau akan memperoleh perubahan pada peraturan Allah itu.

(Q. Al-Ahzab, 62). Continue reading

S O A L :Bolehkah seorang perempuan pergi kelain negeri dg tidak bersama mahramnya, sedang perjalanannya itu karena tabligh Agama ?

J A W A B :

Menurut Hadiets Nabi s.a.w. maka perempuan itu tidak boleh berjalan jauh kalau tidak dengan mahramnya. Sabdanya :

Janganlah seorang laki-laki dengan seorang perempuan beradau di satu tempat kalau tidak ada rnahramnva di situ, dan janganlah perempuan itu berjalan (musafir) kalau tidak dengan mahramnya,

(H.S.R. Bukharie dan Muslim),

dan

Telah berkata Abu Sa’id : Bahwasanya Nabi s.a.w. melarang perempuan berjalan dua hari atau dua malam, kalau tidak beserta dengan lakinya atau mahramnya.

(H.S.R. Bukharie dan Muslim).

dan sabdanya : Continue reading

Siapakah yang haram dinikahi?

Siapakah yang haram dinikahi?

S O A L :

 

Dua orang bersaudara : keduanya itu laki-laki se­ibu sebapa : 1 nama A, dan 1 nama B, si A itu mempunyai anak perempuan, dan si B mempunyai anak lelaki.

Bolehkah anak si A dan anak si B itu dikawinkan ?

 

J A W A B :

 

Perempuan yang tidak boleh dikawin menurut secara agama Islam, keterangannya itu sebagaimana yang tersebut di bawah ini :

 

Dan janganlah kamu menikah kepada isteri-isteri yang telah dikawin oleh bapa-bapa kamu, melainkan apa yang telah lalu, karena hal itu adalah keji dan dibenci dan jelek perjalanan. Diharamkan atas kamu ibu kamu, dan anak kamu, dan saudara kamu, dan saudara bapa kamu, dan saudara ibu kamu, dan anak saudara laki-laki kamu, dan anak saudara perempuan kamu, dan ibu (susu) yang pernah menyusui kamu, dan saudara kamu yang sesusuan, dan ibu isteri kamu, dan anak tiri kamu yang pada pe­meliharaan kamu yang dari isteri kamu yang telah kamu campuri ; tetapi apabila belum kamu campuri, maka tiada ada halangan bagi kamu, dan isteri anak kamu yang dari turunan kamu, dan di haramkan kamu mengumpulkan di antara dua saudara perem­puan (ya’ni : mengawin kedua-duanya) melainkan yang telah lalu, sesungguhnya Allah itu adalah Pengampun dan Penyayang.

(Q. An-Nisa’, 22-23).

 

Dengan firman ini kita bisa mengetahui, bahwa perempuan yang tidak boleh dikawin oleh orang Islam itu ada empat belas macam, yaitu seperti : Continue reading

Membasmi Virus, Trojan & Spyware Secara Manual

Membasmi Virus, Trojan & Spyware Secara Manual

Di post Jun 23, 2008

 

Artikel ini ditujukan untuk membasmi virus-virus baru dan virus Indo yang tidak terdeteksi oleh antivirus yang dipakai pada komputer. Dan juga buat yang bete kalau harus scan komputer cari virus berjam-jam padahal dengan cara ini paling 10 menit beres. Semoga bisa berguna dan bermanfaat.

Bagi netter yang komputernya suka terkena virus, mungkin panduan berikut di bawa Continue reading

WANTED : Ikhwan Idaman

ikhwan-idaman

WANTED : Ikhwan Idaman

Siapa sih yang nggak ngarepin kebaikan? Kita yakin banget bahwa setiap orang pengen dapetin kebaikan. Ia berdoa dan berusaha untuk mendapatkan kebaikan tersebut.

BTW, nggak ada salahnya juga kalo ngarepin kebaikan dalam urusan pendamping hidup. Namanya juga pendamping hidup, berarti harapannya, selama kita hidup ya si dia menjadi pendamping kita. Begitu pun sebaliknya.

Sobat muda muslim, kalo pekan kemarin kita bahas dari sisi ikhwan yang punya hajat, sekarang kita pengen menelusuri harapan dan impian para akhwat tentang ikhwan. Maksudnya biar adil (satu sama), gitu lho.

Oya, buat kamu yang masih SMA (apalagi SMP), tolong jangan merasa kalo bahasan kita kali ini tuh dewasa banget. Jangan ya. Soalnya, kalo kamu udah baligh kan disebut dewasa juga. Itu sebabnya, insya Allah masih cocok. Cuma mungkin perlu dengan catatan tambahan, bahwa kalo sampe mikirin nikah sementara masih berseragam putih-biru dan putih-abu, jangan dulu deh. Oke? Jadiin aja tulisan ini sebagai info penting buat ke depannya. Continue reading

Kategori Ikhwan dalam memilih Akhwat

akhwat-dicariKategori Ikhwan dalam memilih Akhwat

maksudnya disini akan dibeberkan faktor2 apa saja yg menjadi kendala ikhwan memilih akhwat (wanita)….dan ini bisa menjadi solusi bagi akhwat2 yg sulit mendapatkan jodoh….
semua yg dicantumkan disini tergantung jg dari para ikhwan…ini akan diumumkan secara global Continue reading