Pahlawannya pahlawan? Siapa sih???

Pahlawannya pahlawan ?Siapa Sih ???

Cay,Ciy,Cuy,Cey,Coy…

Senang rasanya bs kembali nulis buat temen2 yg haus bacaan, moga ni b’manfaat g’  hanya buat ana, saya, ulun & beta, tp buat temen2 yg pnuh smangat ngebaca ne coretan,he..he..

Oh…ana lupe,piye kabare? Kaipa haluka/ki? Ikaga desu ka? Mudah2an fine aza n smoga slalu d’hangatkan oleh cahaya iman n ilmu. N ana ngucapin ohayÕ gozaimasu yg baca ne coretan saat pagi, konnichiwa yg baca saat siang, konbanwa yg baca saat malam & oyasuminasai yg baca sbelum bobo, biar yg g’ smangat jadi smangat n yg lagi smangat nambah smangatnya baca ini coretan. Krn smangat ente2 ngebaca bisa ngerangsang impuls saraf/neuron yg bisa mningkatkan kemampuan ente m’cerna informasi n ngusir yg namanya virus baca yg b’genus ngantuk n b’spisies mantul,he.. okezh, kayanya sudah cukup tele2 n basa-basinya, nanti smangat ente jadi basi. To the point aja, explorer kita kali ini akan menelusuri yg namanya pahlawan, ato hero istilah Paliwaranya.

 

Pahlawan??? Makhluk apa tuh???

Masa loe2 g’ tau(kateroo!). menurut kms lngkap bhs indonesia, phlwn adl pembela kebenaran (kaya lagunya ninja hatori). Wow… umum bgt kan coy, kayaknya hewan n binatang pun bisa jadi pahlawan, asal ngebela kebenaran. Apalagi kita, ya g’? tp, sebenarnya pahlawan tdk segampang itu ngebela kebenaran, pasti ada resiko n pengorbanannya. Sesuai pepatah gue ”Tdk ada asap tanpa pngorbanan BBM” (ah..ngarang!). so, kita smua dpt nyimpulin bahwa yg namanya pahlawan adl makhluk hidup yg b’juang & b’korban, baik itu material/nonmaterial  buat ngebela kebenaran. Dan akan menjadi pahlawan yg utama jika p’juangannya karna Allah azzawajalla.

By the way, ngomongin soal pahlawan, kita tentu sudah g’ asing lagi sama pahlawn sejati yang satu ini, yang tlah menuntun kita dari zaman gelap gulita beronta menuju zaman tang benderang bertoyota, beliaulah org nomor 1 tdk hanya dr lensa mata org islam, bahkan org barat yg b’nama Michael H. Hart dlm bukunya ”Seratus Orang Tokoh Paling Berpengaruh dalam Sejarah” menempatkan beliau diposisi yg teristimewa, beliau lah nabi besar Muhammad SAW. Selain beliau, shbt bliau juga para pahlawan yg rela berkorban apa pun demi membla kebenaran, mereka antara lain: Zaid bin Tsabit, Bilal bin Rabbah, Zaid bin Haritsah, dan bnyak lagi yg sdh terkenal. So, ana g, perlu lagi nyebutnya. Key…

            Attention please!!! Menurut kai Anggraini Antemas yg punya nama asli Yusni Antemas,yg lahir dAmuntai, 22 April 1922, dlm bukunya ” Org2 Terkemuka dlm Sejarah Kalimantan” ’ bliau nulis kalau dKal-Sel kaya akan pahlawan, antara lain: H. Hasbullah Yasin, H. Abdurrasyid & Temenggung Jalil dr HSU, Sultan Suriansyah/ Pangeran Samudera & Bukhari dr HSS, Penghulu Rasyid dr Kelua & banyak lg yang lainnya. Sedikit tambahan, pahlawan dr Amuntai kota bertakwa tadi berasal dr tempat yg berbeda2, yaitu Temenggung Jalil dr Palimbangan ( catet! Bukan Palembang), H. Abdurrasyid dr Pakapuran & H. Hasbullah Yasin dr Alabio yg ta’ ada musik, yg ada hanya itik, ciap2 pagi-sore. He3x! ( Cuma b’gayaan haja cil ae…)

            Oke coyz! Cerita yg menarik dr 3 super hero-nya Amuntai td adl ceritanya Pak H. Abdurrasyid (itu menurutku lho!), mo tau ga? Kalo mo, baca yg smangat & tutup hidung rapat2 biar loe ketemu langsung ama beliau. He2x! B’canda doank! Gini ceritanya…….

            Pak H. Abdurrasyid lahir di Pakapuran sekitar thn 1884 dr pasangan Kai Isram vs Nini Hadijah. Ayah belau hanya seorg petani yg stiap harinya b’sahabat dg lumpur, namun beliau punya kelebihan dlm aspek intelektual, emosional & spiritual. Dia belajar secara autodidak (kada sakolah resmi cil ae!), namun dg smangat & ketekunannya, beliau mampu melebihi kualitas frend2nya & dg susah payah bekerja, beliau sampai kuliah di universitas Al-Azhar Kairo Mesir. Akhirnya, thn 1924 beliau kembali ke Amuntai & m’dirikan ”Arabische School” yg sekarang dikenal dg nama Rakha. Dlm hidupnya beliau sgt sederhana, bahkan saat beliau b’pulang ke Rahmatullah tgl 19 syawal 1353 H di Pakapuran, beliau tdk meninggalkan harta kekayaan sedikitpun, kecuali beribu2 muridnya yg kini m’jadi penyebar Islam di Kalimantan tersayang ini. Itu td kisah beliau, singkat padat berisi & b’kualitas. Bagaimana? Dg semangat & kegigihan, beliau mampu m’jadi pahlawan pendidikan kita di banua ini, makanya yg semangat donk bacanya. Oke?!! Lanjuuuuuut……….. tu wa ga pat…..

 

Pahlawan Sekarang???

            Sekarang, saatnya kita b’juang & b’korban demi para pahlawan dulu yg tlh m’mulai nafas kemerdekaan bg kita, agama, nusa, & bangsa. So, kitalah yg hrs b’juang mengisi kemerdekaan dg s’baik mungkin, kitalah yg hrs melanjutkan perjuangan mereka, & kitalah penyempurna mimpi2 beliau. Tak dipungkiri lg, mungkin kita lah yg m’jadi pahlawan sekarang, pahlawannya pahlawan. Tp, kapan kita b’aksi? Gue jawab dg pepatah: ”Waktu yg jitu & tempat yg tepat utk mendapat peluang hebat adalah SEKARANG.”

            Pahlawannya pahlawan tlh banyak kita saksikan b’sama spt tukang cukur di salon, dokter di rumah sakit, & yg t’penting adalah guru, gurulah yg m’jadi pusat kekuatan smua pahlawan. So, disebutlah guru sbg pahlawan tanpa tanda jasa, why? Coz, apabila guru diberi tanda jasa, sungguh di dunia ini tdk ada yg pantas mewakili jasanya yg begitu besar t’hadap kita, jasanya melebihi intan permata & s’gudang harta. Bayangin aja, guru rela ngajarin kita saat kita kurang ajar. Subhanallah! Smoga guru kita diberkahi oleh Allah SWT.

            Tapi apakah kita bisa dikatakan sbg pahlawannya pahlawan? Emang bisa? Menurut gue, kita sbg pelajar bisa dikatakan pahlawan, dg catatan tdk smuanya bisa. Why? B’coz pelajar pahlawan hanya pelajar yg dg ikhlas m’nuntut ilmu demi Allah & kemajuan bangsa, mereka rela menginvestasikan waktunya utk belajar, bukan pelajar yg hanya menuntut uang saku. Sekarang loe mo jadi pelajar pahlawan g’? yg merupakan pahlawannya pahlawan, bukan sekedar pelajar biasanya, mereka adl mutiara di samudera yg istimewa tp sgt langka kemunculannya. Bila loe mo, ada syaratnya, gini:

 

1.                  Pikiran & sikap positif

Ini penting coy! Coz kita adl pikiran kita & sikap kita merupakan cermin dr pikiran kita. So kita harus punya pikirian positif. Biar kita bs ngatur diri kita utk jd pahlawan coz pikiran kita merupakan benih sikap kita & ia punya kekuatan yg luarrr biasa… Menurut Claude M. Bristol, dlm bukunya the magic of believing: “P’wujudan dr kekuatan pikiran dpt dilihat dr segala aspek. Ini spt sebuah medan listrik. Kita tdk mengetahui apa itu listrik, walaupun dlm akal sehat kita mengetahui bagaimana kita dpt m’hasilkannya.

 

2.                  Optimalisasi yourself

Stlh loe b’pikiran & sikap positif, kini saatnya loe optimalisasi diri loe agar loe bisa m’jadi pelajar pahlawan yg luar biasa maksimal, dg mengenal potensi loe & tdk b’sandar dg org lain ,tapi kita jg perlu minta bantuan org lain, coz kita hanya manusia biasa (Jar Ian Kasela lg). Kenali potensi loe, olah, kembangkan, & ucapakan AKU BISA LEBIH BAIK, BAHKAN PALING BAIK! Buang jauh2 pemikiran kalo loe hanya d’lahirkan utk menguasai 1 k’ahlian aja dlm hidup, tp tanamkan dlm ladang pikiran loe, kalo loe seorg pelajar pahlawan yg multitalenta, dg tdk hanya m’lakukan apa yg loe sukai tapi menyukai segala yg loe lakukan. Buktinya saja Shakespears, sang penulis romantis, Michael Angelo, sang pelukis legendaris, & Jabir ibnu Hayyan, sang kimiawan jempolan, mereka mampu b’prestasi di bidang yg sgt b’lawanan dg k’ahlian masing2. Jadi, optimalisasi yourself,  & jadilah yg terbaik! Tapi rencanakanlah optimalisasi itu, coz jika loe gagal merencanakan, loe merencanakan gagal.

 

3.      Never surender

Jadilah pelajar pahlawan, karna beda pelajar biasa dg pelajar pahlawan adl: Pelajar Pahlawan adl pelajar biasa

yg tdk mudah menyerah dlm menggapai impiannya, loe harus bulatkan tekad & istiqomah dg impian loe, pokoke never surender.

Ana ingat kata2 Thomas Edison dlm majalah ’life’:

“Kejeniusan adl hasil 1% inspirasi & 99% keringat.”

Inti pernyataan di atas adl tetaplah istiqomah & jgn mudah menyerah.

Utk menutup poin k’3 ini, gue akan nulisin syairnya Edgar H. Guest yg sederhana tp sgt b’makna. Mohon ente, baca dg seksama:

“Seseorg tdk kalah sampai ia menyerah”

Seseorg tdk kalah sampai ia menyerah

Seseorg tdk b’akhir sampai ia berhenti.

Tak peduli bagaimanapun kegagalan menghantam

Tak peduli berapa sering ia terjatuh.

Lihatlah! Seseorg tdk jatuh sampai ia t’baring

dlm debu & menolak utk bangun.

Takdir dapat membanting & menghantamnya,

terus memukul tubuhnya sampe ia luka,

tapi tak bisa dikatakan ia telah jatuh,

ketika ia bangkit lagi dg tenang utk terus.

Lihatlah! Seseorg tdk mati sampai ia meninggal,

atau kalah sampai ia tak mencoba lagi.

 

            Camkan dipikiran loe smua, loe bisa m’jadi pelajar pahlawan, coz Allah tlh b’firman: “Dan Allah mengeluarkan kamu dr perut ibumu dlm tidak mengetahui sesuatupun…”  (TQS. An-Nahl: 78). Intinya kita d’lahirkan dlm keadaan yg sama dg tokoh2 pahlawan. & loe PASTI BISA!

            Saatnya loe berubah jd pelajar pahlawan dg 3 model td, jgn sia2kan hidup yg hanya 1x ini, jgn sia2kan oksigen yg kita hirup. Kini saatnyal loe yg b’juang, jgn liat jam tangan utk kapan m’mulainya, tp b’sifatlah spt jarumnya jam, terus maju, jgn menyerah sampe mati m’jemput, awali selangkah demi selangkah, tenang, terencana, & akhirul kalam, LOE PASTI BISA!!!!! (Zayed N. el-Hasany/ berbagai sumber)

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: