Arti Bacaan Shalat

shalat-lagiArti Bacaan Shalat

-Bacaan Do’a Iftitah

ALLAHU AKBAR KABIERAW WALHAMDULILLAHI KATSIERA. WASUBHANALLAHI BUKRATAW WA-ASHILA.

“WAJJAHTU WAJHIA LILLADZIE FATHARAS SAMAWATI WAL ARDLA HANIEFAN MUSLIMAWWAMA ANAMINAL MUSYRIEKIEN. INNA SHALATI WANUSUKI WAMAHYAYA WAMAMATI LILLAHI RABBIL’ALAMIEN. LASYARAKIEKA LAHU WABIDZALIKA UMIRTU WA ANA MINAL MUSLIMIEN. “

Artinya :

Maha besar Allah, segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya. Maha Suci Allah pagi dan sore.

“ Saya menghadapkan muka saya kepada Tuhan pencipta langit dan bumi dengan rendah hati dan sejujur-jujurnya sebagai seorang muslim, bukan sebagai seorang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam. Tiada sekutu bagiNya. Begitulah saya diperintah, dan saya sebahagian dari orang islam.

-Surat Al Fatihah

BISMILLA-HIRRAHMA-NIRRAHIM.

ALHAMDU LILLAHI-ROBBIL ‘ALAMIN. ARRAHMA NIRRAHIM. MALIKI YAUMIDDIN. IYYAKA NA’BUDU WAIYYA-KANASTA’IN IHDINASH-SHIRA-THAL MUSTAQIM, SHIRATHALLADZINA AN’AMTA’ALAIHIM GHAIRIL MAGHDHUBI ‘ALAIHIM. WALADL DLAALLIIN, AMIN

Artinya :

“ Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam. Yang pengasih dan penyayang. Yang menguasai hari kemudian. Pada-Mulah aku menyembah, dan kepada-Mulah aku meminta pertolongan. Tunjukilah kami ke jalan yang lurus. Bagaikan jalannya orang-orang yang telah Engkau beri ni’mat. Bukan jalan mereka yang pernah Engkau murkai,atau jalannya orang-orang yang sesat.

-Ruku

SUBHAANA RABBIYAL ADZIIMI WABIHAMDIHII ( 3 kali )

Artinya :

“Mahasuci Allah Maha Agung serta memujilah aku kepadaNya. “

-I’TIDAL

SAMI’ALLAAHU LIMAN HAMIDAH.

Artinya :

Allah mendengar orang yang memujiNya.

Pada waktu berdiri tegak ( I’tidal ) terus membaca :

“ RABBANAA LAKAL HAMDU MIL USSAMAWAATI WAMI UL ARDLI WAMIL UMAA SYI’TA MIN SYAI’IN BA’DU “

Artinya :

Ya Allah Tuhan kami! Bagi-Mu segala puji, sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh barang yang Kau kehendaki sesudah itu

-SUJUD

“ SUBHAANA RABBIYAL A’LAA WABIHAMDIHII ( 3 kali )

Artinya :

“ Maha Suci Allah, serta memujilah aku kepada-Nya. “

-DUDUK ANTARA DUA SUJUD

“ RABBIGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WARFA’NII WARZUQNII WAHDINII WA’AAFINI WA’FUANNII. “

Artinya :

“ Ya Allah, ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku dan cukupkanlah segala kekurangan dan angkatlah derajat kami dan berilah rizqi kepadaku, dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku. “

-TASYAHUD / TAHYAT (AKHIR)

“ ATTAHIYYAATUL MUBAARAKAATUSH SHALAWAATU THTHAYYIBAATU LILLAAH ASSALAAMU’ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WARAHMATULLAAHI WABARAKAATUH. ASSALAAMU’ ALAINAA WA’ALAA ‘IBAADILLAAHISH SHAALIHIIN. ASJYHADU AL-LAA ILAAHAILLALLAAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAH. ALLA HUMMA SHALLI’ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD, WA ‘ALA AALI SAYYI DINAA MUHAMMAD. “ KAMAA SHALLAITA ‘ALAA SAYYIDIINA IBRAHIM. WA’ALAA AALI SAYYIDINA IBRAHIM, WA’ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD. KAMAA BARAKTA’ALAA SAYYIDINAA IBRAHIM, WA’ALAA AALI SAYYIDINAA IBRAHIM, FIL ‘AALAMIINA INNAKA HAMIDUM MAJIID.”

Artinya :

Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan bagi Allah, salam, rahmat, dan berkahNya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam keselamatan semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang shaleh-shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah! Limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad. “ Sebagimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. “ Diseluruh alam semesta Engkaulah yang terpuji, dan Maha Mulia.”

-SALAM

“ ASSALAAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAAHI.

Artinya :

“ Keselamatan dan rahmat Allah semoga tetap pada kamu sekalian. “

About these ads

122 Responses

  1. terimakasih info x. Bermanffat buat saya. Untuk ujian praktek, hehe

  2. thanks bgd yaah..
    dah ngebantuin bwt ujian mentoring saia,,,

  3. makasih juga ya…….,

    buat ujian mentoring besok….

    insyaallah, besok2 n seterusnya,

    saya ga lupa lagi artinya…..

    amiiinnn…. ^_^

  4. yes, dapet artinya….
    buat ujian praktek agama..
    thx ya….

  5. Assalaamualaikum
    syukron ya arti bacaan sholatnya..
    ngebantu banget ujian praktek q…
    doain q ya biar bisa ngelalui ujian senin besok….amien…

  6. Amin.. Mudah2an bermanfaat, makasih banyak kunjungannya ^_^

  7. thanks biar shalat nya khusyuk..

  8. subhanallah…semoga menjadi jariah bagi penulisnya…

  9. Amin..

    Semoga yang membaca, mengamalkan, mengcopy dan ikut menyebarkan dakwah ini, mendapat kemuliaan yang tinggi juga di sisi Allah

    Jazakumullahu Khairan Katsira atas doanya

    makasih banyak silaturahminya

  10. alhamdulillah. terima kasih. semoga manfaat bagi saya pribadi, keluarga dan kepada saudara-saudara kita sesama muslim. amien.

  11. saya adalah seorang muallaf, saya berharap bisa selayaknya orang islam sejak lahir..terimakasih atas tuntunannya semoga saya bisa menjalani dengan baik..amin

  12. Amin..

    Alhamdulillah…

    Allah telah memberikan hidayahNya kepada saudara..

    tetap istiqomah di jalan islam…

    mudah2an kita semua berkumpul di surgaNya nanti..

    amin…

  13. makasih ya shalatku jd lebih khusyu

  14. thanks pak,,,,mudahan solatku tmbah khusuk

  15. keknya di tahyat terakhir, terdapat tulisan yang salah tu.. sebaiknya diperbaiki sebelum menjadi riteratur bagi orang yang membacanya..

    “KAMAA SHALLAITA ‘ALAA SAYYIDIINA IBRAHIM. WA’ALAA AALI SAYYIDINA MUHAMMAD, WA’ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD”

    seharusnya “WA’ALAA AALI SAYYIDIINA IBRAHIM, WABARIK ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD”

    kemudian arti dari bacaan sujud juga kurang lengkap :
    “ SUBHAANA RABBIYAL A’LAA WABIHAMDIHII ( 3 kali )
    Artinya :
    “ Maha Suci Allah, serta memujilah aku kepada-Nya. “
    seharusnya “ Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi, serta dan memujilah aku kepada-Nya.“

    kemudian arti doa iftitah seharunya :
    ”Allah Maha Besar lagi sempurna kebesaranNya. Dan segala puji bagiNya. Maha Suci Allah sepanjang pagi dan petang. Sesungguhnya aku menghadapkan wajahku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan berserah diri dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang musyrikin. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku, hanyalah untuk Allah Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagiNya dan untuk itulah aku diperintahkan dan (semoga) aku termasuk golongan orang-orang yang berserah diri (muslimin).”

  16. sebenarnya kemarin saya menulis literatur yang di kutip dari bahasa malaysia.

    Jazakallah atas koreksinya…

  17. Terima kasih, Mas Irza, mohon izin, sy kopi dan sy tempel di blog saya, arti bacaan sholat, biar mudah sy mempelajarinya kembali. Saya rasa tepat koreksi dari Maz v3rdee, pas buanget, thanks.

  18. makasih banyak..mudah2an shalat kita bisa jadi lebih khusyu
    amiiin

  19. trimakasih. jadi makin manteb sholatnya…

  20. makasih yaa hehe buat saya ujian hihi

  21. tararengkyu bos…sangat bermanfaat…

  22. siip..thx ya

  23. Assalamualaikum ya akhi..
    Terima kasih udah di share artinya..
    minta ijin donlot..
    Semoga bisa bermanfaat dan tambah khusyu’ sholatnya..
    dan juga semoga kita semua tergolong hamba yang menegakkan sholat.. Amiiinn..
    Wassalamualaikum..

  24. Assalamualaikum,
    Mas.. makasih ya..
    minta ijin aku copas u blog-ku..
    Wassalamualaikum…

  25. syukron ………

  26. Alhamdulilla, banyak manfaatnya bagi saya

  27. terima kasih .. saya merasa sholat adalah tiangg agama ,,jadi apa guna nya jika saya komat kamit tanpa mengetahui arti dari bacaan tersebut,,sekali lagi terimakasih,,,semoga Allah membalas amal kebaikan anda..wassalamualaikum.

  28. Asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh!

    Semoga Allah SWT merahmati anda sekalian.

    Ilmu ini berguna sekali buat saya.

    Semoga dengan ini solat kita semua bertambah khusyuk.

  29. Alamdulillah ketemu juga ane nyari arti bacaan sholat ketemu juga akhirnya

  30. izin kopas ya Mas..^^

  31. thank’s fren
    smoga esok lbh baik

  32. assalamualaikum
    kebetulan saya butuh info ini
    saya ijin untuk save as
    jika berkenan

  33. assalamualaikum…
    makasih ya atas arti nya,jadi saya bisa lulus ujian praktek…
    hehe………..

  34. makasih ya

  35. buat kakak ku mudamudahan kakak ku lulus ujian praktek

  36. Terima kasih bgt…. shalat itu tiang agama, maka tiang-nya harus kokoh

    dan lebih mengetahui arti bacaan di shalat yg saya lakukan agar tiang saya bisa lebih kokoh…. ternyata arti bacaanya indah

    Doakan saya bisa shalat lebih khusyu dan semoga ALLAH SWT selalu memberkati yang menulis blog ini… amin

  37. “WAJJAHTU WAJHIA LILLADZIE FATHARAS SAMAWATI WAL ARDLA HANIEFAN MUSLIMAWWAMA ANAMINAL MUSYRIEKIEN. INNA SHALATI WANUSUKI WAMAHYAYA WAMAMATI LILLAHI RABBIL’ALAMIEN. LASYARAKIEKA LAHU WABIDZALIKA UMIRTU WA ANA MINAL MUSLIMIEN. “

    kalo kagak salah di tambah “Inni wajjahtu …………….. ”

    maap kalo salah

  38. Terima kasih, sangaaat berguna

  39. terima kasih, sngat berguna. mohon ijin copy paste untuk dibaca-baca.

  40. terima kasih, saya memang sedang mencari arti2 bacaan shalat. karena saya ingin kusyu dalam melaksanakan shalat, tidak asal menghafalkan bacaan. namun juga meresapi arti. mudah mudahan kita semua termasuk orang-orang yang beriman. asalamualaikum wr wb

  41. Alhamdulillah..jadi tahu arti dari Shalat selama ini. InsyaAllah bisa menjadikan shalat saya ke depannya semakin khusyuk dan diridhoi Allah SWT. Amin. :)

  42. INI YANG AKU CARI…TERIMA KASIH KAWAN ,SEMOGA BERMANFAAT DALAM MENINGKATKAN KE KHUSUAN DALAM SHALAT..

  43. Alhamdulillah, syukron..
    ini sangat berguna sekali, mudah2an sholat kita bisa menjadi lebih khusyuk dan diterima Allah SWT..
    Amin..

  44. Alhamdulillah…akhirnya nemu juga halaman web yang nyediakan arti bacaan shalat..di saat urgent gini.Terimakasih,yaa… ^_^ barakallahu laka :)

  45. Assalamu’alaikum mas,,,

    Ternyata arti dr bcaan shalat yg qta bca shri- hri bgtu indah y? Thnx….
    Smga qta smua trmsuk ke dlm glongn org2 yg brsrah dri kepada-Nya. Aaamiiin.

    Wassalam….

  46. thank’s atas ilmunya, semoga semakin berkah bagi kita semua, amin

  47. Subhanalloh…. Semoga bisa menuntun kita untuk shalat lebih sempurna

  48. doa sujud kayaknya artinya ada yang kurang, trus bacaan tasyahud/tahiyyat akhir nya ada yang salah…
    mohon di koreksi kembali

  49. assalamualaikum….mohon izin buat di save as…maksih sebelumnya saudara…

  50. assalamu’alaikum wr. wb.

    postingan yang sangat bagus di tengah2 zaman yang semakin tidak terkendali……

    semoga Allah memberi balasan atas amal yang telah saudara lakukan.

    saya minta izin buat save

    terimakasih………

  51. sip…sip

  52. izin donlot yaa. Trimakasih bnyk bwt sharing2 ilmunya

  53. thanks ya buat tarawih kurang 5 menit ..

  54. tolong di cari contoh dari Rosulullah yang sahih, spt bacaan rukuk atau sujud tidak ada contoh menggunakan WABIHAMDIHII
    dengan lebih jelas contoh yang benar akan lebih bermanfaat

  55. izin copas yah,
    makasih

  56. thx gan, bwd ujian tengah semester.hhe
    copas ..

  57. terima kasih postingnya.
    buat bahan menghafal dari guru…

  58. nyuwun sewu, kulo ngopy…. nuhunnnnnn

  59. makasih&sngat brmanfa’t.Ijin mngcopy & myebarkn,,,,,,

  60. Asslmlkm! minta ijin copas ya ..makasih

  61. tengkyu, di copy ni ya?
    lebih khusyuk kalo hafal artinya…

  62. terimakasih atas ilmunya

  63. sukron….ini akan bermanfaat!

    ,mnambah..ke khusyukan dlam ibdah..

  64. Subkhanallah… terima kasih atas info yang bermanfaat ini.
    ternyata masih ada sebagian dari kita yang masih peduli sesama muslim dengan memberikan info ini ke dalam blog.
    Menjawab semua pertanyaan yang ada dikepalaku.
    Semoga mendapat pahala yang setimpal Saudara :)

  65. terimakasih atas info yang bermanfaat ini. Ijin copy buat di baca2.

  66. makasih banget….bisa bantu saya mengerti apa yg sebenarnya saya katakan saat salat..smoga jadi lebih khusuk

  67. sip………………………………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  68. yes ketemu jga nie website..buat ujian praktek

  69. sukron kastiro. semoga kita semua bisa melaksanakan shalat dengan khusu,bukan cuma untuk tugas sekolah.tugas dari Allah lebih penting salam

  70. KAMAA SHALLAITA ‘ALAA SAYYIDIINA IBRAHIM. WA’ALAA AALI SAYYIDINA MUHAMMAD,

    bukannya KAMAA SHALLAITA ‘ALAA SAYYIDIINA IBRAHIM. WA’ALAA AALI SAYYIDINA IBRAHIM,,
    maaf kalo saya salah,,

  71. izin copas ya.. syukron

  72. bukan wal ardla kali mas tapi wal ardha .
    jangan menyesatkan dong yg ga tau dong ?

    • Afwan,maksud antum yg mana? kalau saya untuk penulisan mengutip dari pelafalan orang malaysia, yang mungkin daari segi tulisan beda dengan Indonesia,tapi insya Allah maknanya sama

  73. Thank You.. Update doa Iftitahnya yang 1 lagi donk.. yang : Allahumma baid baini…dan artinya..

  74. izin share ya …
    info bagus buat yang belum mantap seperti saya.

  75. […] dikutip dari blognya bang Irza Setyawan, ijin share […]

  76. Ass.Ini sangat bermanfaat untuk me-refresh pemahaman bacaan dalam shalat

  77. izin copy kalimat-kalimatnya ke blog saya. akan saya cantumkan sumbernya ;)

  78. jazakallah khairan katsira bro, ctrl + D nih, biar khusyuk sholatnya :)

  79. Wah alhamdulillah selama ani saya hafal bacaan shalat tetapi tidak tau arti dari bacaan itu. Terimakasih banyak penjelasannya. Semoga Allah ta’ala memberikan balasan yang baik.

  80. Sesungguh nya aku adalah Allah, tiada tuhan selain aku, sembahlah Aku, dirikan Sholat Untuk Mengingat Ku. ( toha 14)

  81. Coment diatas ada yg aneh2 juga,,masak karena tahu buat besok ujian praktek/mentoring, jadi selma ini kita menjalani sholat tidak yahu hakekat itu apa,,dan maknanya.

  82. bismillahir rahman nirrahim, assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah, saya menemukan situs yang cocok. terima kasih ya saudaraku, Wassalam.

  83. ijin copas yww om,,
    semoga “. . . . .”
    amin.

  84. Thank’s iia admin mudah*an shalat-Q tambah khusyu

  85. Makasih soalnya akan keluar di UAS

  86. SubahALLAH… Insya ALLAH menjadi amal jariyah untuk mas Irza jika tulisan ini menjadikan orang yang membacanya memahami makna Sholat dan mengamalkannya, bukan hanya sekedar dijadikan hafalan untuk menjawab soal ujian :), mudah2an yang tadinya hanya membaca untuk referensi dalam menjawab soal ujian sekarang sudah mengamalkan dan meresapi maknanya dalam Sholat, amiiiin…

  87. gmn mau gbg?

  88. Sholat lebih khusuk dan bermakna jika kita memahami arti bacaannya, TERIMAKASIH, tulisan ini sangat membantu :)

  89. trimakasih …… ya?
    uda ngasih tahu artinya….

  90. Diantara orang orng yang terbaik adalah orang yang mau blajar…

  91. Terimakasih sudah membantu saya untuk menghafalkan bacaan shalat & artinya buat Ujian Praktek tgl 5-9 Maret 2012.

  92. maaf, ngoreksi sedikit doa iftitah

    pada bacaan “FATHARAS SAMAWATI WAL ARDLA HANIEFAN MUSLIMAWWAMA ANAMINAL MUSYRIEKIEN”

    koreksinya “FATHARAS SAMAWATI WAL ARDLA HANIEFAN MUSLIMAWWAMA KANAMINAL MUSYRIEKIEN”

    semoga bermanfaat bg kita semua, amin

  93. terima kasih,, ijin meng copas ya buat belajar,, semoga allah selalu meridhoi anda,, amin

  94. thanks…informasi yg bermamfaat unt qt sesama muslim,semoga semakin meningkatkan ibadah.amin

  95. semoga dengan tahu artinya tiap tiap bacaan membuat khhusyuk ibadah kita…amin

  96. Jazakallah khoiran katsira…
    Sangat bermanfaat ^_^

    Semoga bermanfaat pula buat yang lain,

  97. ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA – MELANJUTKAN KULIAH – KENAIKAN JABATAN ?!?!.
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN :

    – SMU:4.000.000
    – D3 :6.000.000
    – S1 :8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.
    KIRIM KE : 085736927001.ku@gmail.com
    HUB : +6285736927001

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lain

  98. Thank’s ya…, membantu aku ngerjain tugas :) ;)

  99. add me ya.. nama blogku, dytamarbun.bloggspot.com
    OK? ;)

  100. ok..bngt…

  101. subhanallah,semoga Allah merahmati semua mukmin yg berda’wah dgn artikel2 yg bermanfaat..jazakallah

  102. Moga allah mblz smua’a. . .amiiin ya allah ya rabbal-alamiin

  103. Thanks sya jd ngerti apa yg sya kerjakan pd wkt shalat,,

  104. […] sumber : irzasetiawan.wordpress.com […]

  105. Ass…
    Jazakallah khair kang..ane sangat terbantu dengan tulisan sampeyan…
    mudah2an tidak hanya sebagai tulisan atau sekedar menghapal belaka,mudah2an qta smua bisa mengamalkan di tiap2 sholat qta….
    ane ijin share n download ya kang?
    Syukron katsir….

  106. Trimakasih,
    Artikelnya sangat berguna bagiku wahai saudaraku

  107. Trimakasih banyak untuk artikelnya, sungguh sangat membantu.

  108. Tolong doa qunut jg yah….makasih sebelumnya…Allahu Akbar

  109. Farmville farms even include free gift that is especially egkcgeadccef

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: